Sabtu, 09 Desember 2023

Buku_Perbandingan Pemikiran Islam (Teologi, Fiqh dan Tasawuf)


     

Kampus Hijau_Sebagai sesuatu yang alami atau sunnatullah, keberagaman juga muncul secara tak terelakkan dalam kajian-kajian keilmuan dalam Islam. Dalam masyarakat muslim dikenal tiga bidang disiplin ilmu: Teologi (kalam), fiqh (hukum) maupun tasawuf. 

    Teologi merupakan aspek pengetahuan berdimensi pikiran, akal atau filsafat ketuhanan; fiqh berkaitan dengan dimensi perilaku lahir manusia; dan tasawuf berhubungan dengan dimensi spiritual dan suasana hati manusia. Abid al Jabiri membuat katagori lain untuk tiga disiplin tersebut. Ia menyebutnya: Bayani (fiqh), Burhani (kalam) dan Irfani (tasawuf). Kajian atas ketiga bidang ini telah melahirkan beragam pandangan, pendapat dan aliran. 

    Dalam teologi, misalnya kita mengenal pandangan atau aliran Sunni, Syi’ah, Khawarij dan lain-lain. Masing-masing melahirkan puluhan aliran yang lain. Dalam fiqh kita mengenal mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali. Pada masa awal aliran fiqh tidak hanya empat, melainkan puluhan. Beberapa di antaranya yang masih sering dikutip pandangannya antara lain adalah Laits bin Sa’d, Al Awza’i, Ibnu Jarir al Thabari, Daud al Zhahiri, Sufyan al Tsauri, Abu Tsaur dan Ibnu Syubrumah. Semuanya mujtahid besar dari kalangan Sunni. Mereka juga mempunyai murid-murid yang pendapatnya tidak selalu sejalan dengan guru mereka. Belum lagi aliran fiqh dari kaum Syi’ah yang juga beragam. Demikian juga dalam tasawuf. Dalam bidang ini, kita mengenal tiga aliran besar; Falsafi, Sunni dan Salafi. Masing-masing memiliki pandangan, sejumlah aliran dan ratusan tokoh yang satu atas lain berbeda pendapatnya. Beberapa tokohnya antara lain Hasan al Bashri, Rabi’ah al Adawiyah, al Hallaj, Suhrawardi, al Ghazali dan Ibnu Arabi. Ini untuk menyebut beberapa saja.

Buku ini menarik untuk dibaca oleh anda yang haus akan ilmu dan memperluas wawasan keislaman. Lebih lengkapnya, silahkan di Unduh bukunya berikut ini.




semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar