Kamis, 07 Desember 2023

KARYA LENGKAP NURCHOLISH MADJID


        

Kampus Hijau_Nurcholish Madjid lahir pada 17 Maret 1939, dan meninggal 29 Agustus 2005 dalam usia 66 tahun. Ia adalah salah satu dari pemikir Islam terbaik Indonesia yang telah mengontribusi pemikiran-pemikiran keislaman kontemporer, khususnya dalam apa yang ia sebut pada tahun 1990 sebagai mempersiapkan “umat Islam Indonesia memasuki zaman modern”.

        Nurcholish, seperti juga para pemikir “modernis” atau “liberal” Indonesia atau dunia lainnya, sangat menyadari adanya perubahan sosial yang besar di dunia dewasa ini yang juga telah mempengaruhi Dunia Islam. Perubahan yang terjadi di Dunia Islam dewasa ini, sudah sejak awal abad 19, secara keseluruhan berpengaruh dan mendorong kepada perubahan-perubahan di kalangan umat Islam di Indonesia.2 Sebagai contoh pada abad 19 lalu telah terjadi Haji Miskin dan rombongannya dari Sumatera Barat berkenalan dan menyerap ide-ide pembaruan dan pemurnian pemahaman Islam di Makkah, kemudian membawanya ke Sumatera Barat yang kemudian berpengaruh luar biasa besarnya ke seluruh Tanah Air. Begitu pula dewasa ini, perkenalan, pengenalan dan penyerapan pikiran-pikiran pembaruan, pemurnian dan reorientasi pemikiran Islam di seluruh dunia—yang sangat dipermudah oleh adanya teknik pencetakan buku dan terbitan berkala, media komunikasi dan transportasi—akan, dan memang sedang dan sudah, berpengaruh kepada keadaan umat Islam Indonesia sekarang ini.

        Dinamika dan perkembangan agama dan politik di Indonesia sendiri sejak kemerdekaan terjadi sedemikian dahsyatnya sehingga mau tidak mau juga berpengaruh kepada keadaan umat Islam Indonesia. Apalagi jika diingat bahwa umat Islam merupakan bagian terbesar masyarakat Indonesia (sekitar 88 persen, Sensus 2010), dan bahwa perkembangan apa pun yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, akan berpengaruh dan berdampak pada perkembangan umat Islam.

Untuk lebih membaca lebih lengkap karya besar beliau, silahkan diunduh berikut ini



atau klik tautan di bawah ini👇


SEMOGA BERMAFAAT

0 komentar:

Posting Komentar